Pemilihan DOC ayam petelur

Tindakan pencegahan dan pemberantasan penyakit yang pertama kali harus diperhatikan adalah penyediaan bibit atau doc ayam petelur. Doc ayam petelur ini di usahakan harus bibit yang benar-benar bebas dari infeksi berbagai jenis penyakit. Bgaimanapun juga pada masa-masa awal ini sangat sulit untuk di deteksi, oleh karena itu harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Membeli DOC dari perusahaan pembibitan atau breeder yang berkualitas, hal ini bisa di lihat dari para peternak yang sudah memelihara lebih dulu dari breeder-breeder tersebut. Apakah banyak terjadi masalah atau tidak dalam pemeliharaan doc ayam petelur tersebut. Bagaimanapun bukti itu lebih baik dari pada hanya sekedar promosi.
  2. Penempatan DOC atau kandang pemeliharaanya harus cukup jauh dari kandang ayam dewasa, dan kalau bisa di usahakan kandang pembesaran tersebut berada sebelum kandang ayam dewasa di lihat dari segi arah angin yang biasa ada didaerah tersebut. Misalkan arah angin biasanya ke utara, maka kandang doc itu sebaiknya berada disebelah selatan kandang ayam dewasa.
  3. Jangan pernah mencampurkan ayam yang berbeda umur dalam satu kandang.